kado lebaran dari rumah dunia

Kado lebaran adalah program acara tahunan yang diselenggarakan oleh rumah dunia pimpinan Golagong. Kado lebaran tahun ini merupakan tahun ke sembilan program acara tahunan rumah dunia. Kado Lebaran merupakan salah satu program yang ada dalam Rumah Dunia. Menurut Golagong pimpinan Rumah Dunia,"kado lebaran merupakan program acara yang dibuat untuk membuat senang anak-anak menjelang lebaran idul fitri. Karena kado lebaran diselenggarakan tujuh hari menjelang lebaran." Kado lebaran dibuat untuk membuat anak-anak merasa senang menjelang lebaran. Anak-anak yang memenangkan perlombaan dalam acara ini mendapatkan hadiah uang sebesar lima belas ribu sampai tiga puluh ribu. Filosofi Golagong ini yang digunakan pada program acara ini. Karena menurut Golagong, "anak-anak dibiasakan untuk berusaha terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil. Sehingga mereka tidak pernah mengemis untuk mendapatkan sesuatu. "
Program acara ini dibuat berdasarkan filosofi tersebut. Anak-anak yang mengikuti perlombaan pun merasa senang dengan adanya acara ini. Karena mereka mendapatkan hadiah bagi yang memenangkan perlombaan menjelang lebaran tiba. Berbagai ekspresi pun mereka keluarkan ketika menunggu hasil pengumuman pemenang pada sore hari menjelang buka puasa. Ada yang menunggu dengan cemas, senang, dan bertanya-tanya. Kesenangan inilah yang ingin ditimbulkan oleh Golagong kepada anak-anak. Menurutnya, pendidikan di Indonesia sangatlah mahal. Selain itu pendidikan formal yang ada masih kurang melatih kemampuan dan kreatifitas anak-anak. Dia ingin berbagi kesenangan bersama anak-anak disekitarnya. Dengan cara inilah Golagong berbagi kesenangan bersama anak-anak.
Kado lebaran ini merupakan program acara yang berisikan lomba-lomba untuk anak-anak mulai tk sampai tingkat smp. Anak-anak yang mengikuti perlombaan adalah anak-anak yang berasal dari daerah sekitar rumah dunia. Mereka di ajak untuk mengikuti lomba-lomba yang ada dalam program acara "kado lebaran". Perlombaan dalam kado lebaran ini adalah akting, menggambar, puisi, pidato, dan mengarang. Puluhan anak sekitar rumah dunia mengikuti lomba tersebut dengan rasa senang.
Panitia yang terlibat dalam acara "kado lebaran" adalah para relawan yang aktif. Mereka adalah para sukarelawan yang aktif mengurus rumah dunia. Mereka adalah pemuda-pemudi yang ingin belajar dan mau berbagi kepada anak-anak. Sukarelawan sebagian besar berasal dari lokasi rumah dunia, yaitu mencapai 70%. Sedangkan sisanya merupakan pemuda yang berasal dari daerah lain.
Dana program acara kado lebaran awalnya adalah dana pribadi dari pengurus rumah dunia, yaitu golagong. Seiring waktu program acara kado lebaran ini mendapat sambutan dari masyarakat dan instansi masyarakat untuk memberikan dana. Pada tahun ini penyelenggaraan kado lebaran didanai oleh Depdiknas sebagai pelaksanaan programnya RB3. Dana yang terkumpul digunakan untuk hadiah pemenang lomba dan takjil saat buka puasa. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan kreatifitas dan kesadaran berusaha untuk mendapatkan suatu hasil.

0 komentar:

Posting Komentar